Kamis, 23 Juli 2009

Jakarta - Kentang goreng sebesar ukuran jari ini jadi favorit banyak orang. Menu wajib resto fast food ini ternyata sudah dikenals ejak abad 19 lampau. Dari mana ya kentang goreng ini mendapat namanya? Apakah benar aslinya dari Belgia? Simak infonya berikut ini!

Suka french fries? Hmm...tiap orang pasti suka kentang goreng yang dalam bahasa Prancis disebut frites atau pommes frites. Menyandang nama Prancis dan terkenal di dunia menjadi nasib baik si kentang goreng ini. Banyak pendapat berbeda soal asal muasal nama kentang goreng ini.


Kentang sudah dibuktikan ditanama sejak 2000 tahun silam di Peru dan Bolivia. Pemakaian kata 'french' bermula dari perkenalan potongan kentang seukuran jari dan digoreng yang dilakukan oleh orang Perancis. Saking populernya istilah inipun menjadi kata 'to french' untuk menunjukkan proses memasak dengan digoreng. Prancis di abad 19 menjadi pusat kemajuan budaya termasuk kuliner di dunia.

Tak heran jika orang Amerika berkiblat pada Prancis dalam bidang kuliner. Dalam perkembangannya istilah 'french fries' juga mengalami banyak variasi. Misalnya jenis 'thick-cut fries'- dipotong tebal dan besar, 'shoestring fries' - dipotong kecil halus seperti tali sepatu, 'jojo fries'-dipotong kecil, 'crinkle fries-'- dipotong bergerigi, dan 'curly fries'- dipotong melingkar-lingkar.

Tak hanya digoreng polos, kentangpun diberi balutan tepung terigu dan bumbu seperti peparika, cabai, dan rempah-rempah lain. Tiap restoran fast food juga memiliki gaya potongan french fries yang berbeda dan unik yang jadi ciri khasnya.

Rasa gurih renyah dan empuk membuat kentang goreng ini disukai hampir semua orang. Namun, sebaiknya sedikit waspada karena kentang ini mengandung banyak sodium dan lemak jenuh yang kurang bersahabat dengan jantung. Jadi, kurang cocok dikonsumsi berlebihan oleh mereka yang harus berdiet lemak, garam dan menderita tekanan darah tinggi!

Jika ingin menikmati kentang goreng ini tak harus ke resto fast food. Di pasar swalayan banyak dijual beragam French fries dalam keadan beku. Tinggal pilih sesuai selera dan digoreng dalam minyak panas dan banyak. Nyam..nyam..kentang goreng hangatpun siap disantap!

Sumber bacaan di sini.

0 komentar:

Anda Pengunjung Ke:

Komentar Anda

Pengikut

Popular Posts

Chatting, Yuks!!!