Jumat, 17 April 2009


Negara Perancis biasanya selalu dihubungkan dengan negara penghasil wine / anggur & juga terkenal sebagai negara yang sangat menghargai makanan juga minuman. Pernah kenal dengan Champagne Perancis? Nah, nama minuman di Perancis biasanya sama dengan nama wilayah di mana anggur itu dihasilkan. Demikian pula dengan Champagne, yang telah dihasilkan di daerah Champagne di wilayah tengah (sedikit utara) Perancis. (perkebunan anggur di Perancis sangat banyak & tiap wilayah mempunyai rasa khas yg berbeda) Dan semakin tua umur anggur tsb, maka semakin sedap rasanya. Cara penyimpanan atau penyulingannya semua rata rata berada di dalam gua khusus penyimpanan di bawah tanah. Minuman bordeaux & Bergerac dihasilkan di wilayah Bordeau. Juga berbagai jenis minuman seperti Medoc, Cahor, Saint-Emillion dan Tavel. Dua jenis anggur ini terbilang jenis anggur yang cukup mahal & bergengsi!
Perancis adalah negara kesatuan republik yang dikenal dengan sistem pemerintahan yang sentralistik. Dalam perkembangannya, setelah berlakunya Undang-undang desentralisasi (La Lois desentralisation 1982) tata pemerintahan daerah Perancis terdiri dari :

1) Region / wilayah yang hanya mencakup beberapa propinsi.
2) Department yang setingkat propinsi.
3) Commune yang setingkat Daerah Tingkat II atau lebih kecil lagi.

Perancis terbagi oleh 3 daerah zone.
Zone A : Kota Caen, Clermont - Ferrand, Grenoble, Lyon, Montpellier, Nancy, Metz, Nantes, Rennes & Toullouse.
Zone B : Kota Aix - Marseille, Amien, Besançon, Dijon, Lille, Limoges, Nice, Orléans - Tours, Poitiers, Reims, Rouen & Strasbourg.
Zone C : Kota Bordeaux, Créteil, Paris & Versailles.
Zone zone ini dibuat pemerintah Perancis supaya mudah dalam pengaturan waktu liburan sekolah atau kantor. Jadi setiap zone waktu libur atau masuk sekolahnya berbeda. Dan ini disesuaikan pula dengan padat atau tidaknya kota kota besar tsb. Bayangkan, pemerintah sudah jauh memikirkan arus mudik - balik disini dari zaman dulu. Alangkah cerdasnya mereka semua !

4 MUSIM MENURUT CALENDAR 2003 - 2004
Musim panas (été) 21 Juni
Musim gugur (automne) 22 September
Musim dingin (Hiver) 22 September
Musim semi (Printemps) 20 Maret

HARI PERINGATAN NAMA ORANG SUCI
Masih banyak pula hari khusus lainnya yg unik & menarik spt diatas. Diantaranya nama orang suci yang dijadikan hari nama orang tsb. Contohnya, tgl 21 Juli diperingati sebagai hari St. Victor Atau tgl 2 Desember diperingati sebagai hari Ste. Viviane. Nah, contohnya dihari khusus tsb, para kenalan atau kerabat Victor, mengucapkan selamat atas hari nama Victor tsb. Yah, ini hanya tradisi saja disini.

FETE DE LA MUSIQUE (HARI PESTA MUSIK)
Seluruh masyarakat selalu merayakan hari ini setiap tanggal 21 Juni. Seluruh warga bebas berkarya atau melakukan apapun asalkan semua berhubungan dgn musik. Banyak kelompok maupun perorangan yang sengaja membawa tape recordernya untuk disetel dijalanan umum. Rame! Banyak pula konser amatir perorangan/orkes musik bergengsi disetiap sudut sudut kota. Pokoknya di malam yang katanya malam terpanjang dalam setahun ini, semua orang keluar rumah untuk bergembira ria. Acara ini sudah lama ada & diadakan oleh pemerintah untuk membuat warganya nggak stress. Tujuannya supaya semua warga happy & bersuka ria dalam musik. Banyak pula pesta yg diadakan secara masal maupun perkelompok yang diadakan setiap oleh per- blok perumahan. Pokoknya semua orang keluar rumah untuk berdansa, menyanyi & menari bersama sampai pagi !! Biasanya di televisi banyak menggelar siaran langsung tentang acara musik akbar dari Tour Eiffel yang dimeriahkan oleh puluhan artis musik yang lagi naik daun.

FETE DES VOISINS (HARI PESTA TETANGGA)
Yang diadakan setiap tgl 27 Mei. Acara unik ini diadakan pemerintah untuk membina hubungan antar tetangga untuk saling mengenal lebih dekat. Karena kesibukannya masing masing, biasanya hubungan antar tetangga tidak begitu akrab. Di acara ini, setiap rumah akan sukarela menyumbang kue, minuman atau hidangan ringan lainnya untuk dinikmati bersama seluruh anggota tetangga lainnya. Acara ini biasanya dimeriahkan dengan musik & diadakan di halaman komplek perumahan tsb. Namun, ada juga yang digedung. Dengan adanya program pemerintah ini, hubungan antar tetanggapun menjadi lebih dekat, hangat & akrab. Biasanya acara ini akan diakhiri dengan menari & berdansa bersama antar warga.

BROCANTE VIDE GRENIER (HARI 'PEMBERSIHAN' GUDANG)
Yaitu hari khusus dimana kita bebas untuk menjual barang barang bekas milik kita! Apapun bisa dijual bebas asalkan kualitasnya masih bagus & pemiliknya sudah tidak butuh lagi. Dari mulai dari baju, kaset, alat rumah tangga, hiasan, bunga, sampai sepeda, dll semuanya ada! Semuanya dijual perorangan di stand / trotoar dijalan raya dekat rumah masing masing. Untuk menjual, biasanya harus daftar dulu untuk mendapatkan stand sendiri. Gratis ! Polisi juga telah mengarahkan arus mobil ke jalan lain, hingga para pedagang 'kagetan' ini bisa tenang menjual barang dagangannya di jalan raya tanpa gangguan polisi, mobil, dll. Harganya pun harga banting abis atau tergantung dari pemilik barang itu sendiri. Misalkan harga CD yang aslinya 20 Euro bisa jadi hanya 6 atau 8 Euro saja ! Untung banget khan? Antara pembeli-pedagang saling menguntungkan. Yang membutuhkan bisa beli lebih murah dan yang menjual pun bisa untung, karena sambil membuang barang bekasnya, dapat duit pula.

LA FETE DE MIRABELLE (HARI BUAH MIRABELLE)
Hari khusus untuk menikmati panen Mirabelle di sekitar propinsi Lorraine dst. Biasanya dirayakan seperti layaknya Bazaar. Semua makanan atau minuman yang disajikan beraneka ragam dan rata rata dihasilkan dari buah Mirabelle. Mengenai tanggal pastinya saya lupa. Yang pasti dirayakan tiap akhir Agustus.
Hari libur yg biasanya diakui oleh seluruh warga Perancis
1 Janvier
Le Jour de l'An
New Year's Day

21 Avril
Le lundi de Pâques
Easter Monday

1 Mai
La fête du Travail
Labor Day

8 Mai
Fête de la Victoire 1945
WWII Victory Day

29 Mai
L'Ascension
Ascension Day

9 Juin
Le lundi de Pentecôte
White Monday

14 Juin
La fête nationale
Bastille Day

15 Août
L'Assomption
Assumption Day

1 Novembre
La Toussaint
All Saints Day

11 Novembre
L'Armistice
Armistice Day

25 Décembre
Noël
Christmas Day

Sumber bacaan di sini.

0 komentar:

Anda Pengunjung Ke:

Komentar Anda

Pengikut

Popular Posts

Chatting, Yuks!!!